Visa & Misi PDAM

Visi

Dengan dilatarbelakangi keinginan menjadikan PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai salah satu PDAM terbaik di Sumatera Barat dalam hal pemberian pelayanan air minum dan pengelolaan air limbah, maka PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota merumuskan visinya sebagai berikut:

 

Mewujudkan PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota yang mandiri melalui peningkatan SDM yang berintegritas dan profesional dalam melayani kebutuhan air minum.

 

Dari perumusanan visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. PDAM yang mandiri : merupakan perwujudan keinginan setiap individu yang ada dalam perusahaan yang mengharapkan perusahaan di masa yang akan datang memiliki kemandirian sehingga mampu memberikan kontribusi kepada peningkatan kesejahteraan karyawan dan nilai tambah bagi stakeholder lainnya.
  2. SDM yang berintegritas dan profesional : sumber daya yang dimiliki organisasi dan hubungan organisasi terhadap individu lainnya dibangun atas dasar integritas dan profesionalisme.
  3. Melayani kebutuhan air minum : ruang lingkup atau cakupan pelayanan; nilai-nilai umum organisasi, dimana sasaran yang ingin dituju adalah pelayanan dengan kualitas air minum

 

Misi

PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota menetapkan misi-misinya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas produksi, sarana/ prasarana PDAM, serta menurunkan tingkat kehilangan air serta memperluas jangkauan pelayanan.

Penjelasan:

Usaha peningkatan produktifitas dilaksanakan melalui perbaikan sarana produksi, transmisi, dan distribusi sehingga mampu meningkatkan kuantitas, kualitas, dan kontinuitas pelayanan.

  1. Meningkatkan SDM yang berkualitas, berintegritas, dan professional baik dalam hal teknis maupun non teknis.

Penjelasan:

  1. SDM Berkualitas, berintegritas, dan profesional yaitu SDM yang memiliki kompetensi sesuai kriteria profesinya dan senantiasa meningkatkan kemampuannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Pelanggan.
  2. SDM berkualitas, berintegritas, dan professional yaitu SDM yang bertanggung jawab terhadap kewajiban dan tugasnya, terbuka terhadap perubahan, dan memiliki standar kinerja.
  3. SDM berkualitas, berintegritas, dan profesonal yaitu SDM yang berorientasikepada Pelanggan, bermakna orientasi pelaksanaan tugasnya semata-mata ditujukan untuk terwujudnya kepuasan dan loyalitas pelanggan.
  4. SDM berkualitas, berintegritas, dan professional yaitu SDM yang bercirikan : beriman, jujur, komitmen, kerja keras, disiplin, dan bertanggung jawab.

 

 

  1. Meningkatkan profitabilitas perusahaan dalam rangka menunjang kesejahteraan pegawai dan kontribusi kepada Pemda.

Penjelasan:

Profitabilitas dan bukan hanya pertumbuhan pendapatan merupakan perwujudan harapan perusahan di masa datang yang memiliki kemandirian dan memberikan kesejahteraan kepada karyawan dan nilai tambah bagi stakeholder lainnya.

 

Melalui nilai-nilai dasar, visi, dan misi,  perusahaan akan memiliki jati diri yang khas dan sekaligus membedakannya dari perusahaan lain yang bergerak dalam bidang usaha yang sejenis.